Berita Details

  • Home
  • Berita Details
image

Dukung Manajemen Talenta, Pemkab Banyuasin Gelar CACT PNS

Palembang – Pemerintah Kabupaten Banyuasin menaruh perhatian serius terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing sesuai amanat UU ASN Nomor.20 Tahun 2023. Salah satu upaya yang diterapkan untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menerapkan “Talent Pool’ atau Manajemen Talenta.

Manajemen Talenta atau Talent Pool merupakan sebuah proses untuk mengindentifikasi para pegawai yang memiliki kapabilitas untuk menjadi future leaders (pemimpin dimasa depan). Proses identifikasi ini didasarkan pada dua elemen kunci, yakni aspek kompetensi dan aspek kinerja (perfomance).

Dijelaskan Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam salah satu cara yang digunakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin untuk menerapkan Manajemen Pool adalah dengan menyelenggarakan test berbasis komputer untuk menilai potensi ASN yang ada di Kabupaten Banyuasin.

“Namanya CACT atau Computer Assisted Competency Test. Hasil dari CACT dapat digunakan untuk melakukan pemetaan potensi ASN yang selanjutnya dapat menjadi dasar melakukan pengembangan kinerja dan karir ASN yang bersangkutan” Urai beliau yang ditemui Tim Liputan di Ruang Rapat Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin.

Lebih jauh beliau menyampaikan bahwa hasil CACT ini akan menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan dalam melihat posisi seorang ASN dalam jabatannya.

“Hasil testnya saat ini sedang dalam proses rekapitulasi , tentunya nanti akan dilaporkan ke saya (Bupati,red) beserta rekomendasinya” ujar Hani Syopiar. Beliau mengatakan dengan adanya hasil test ini akan menjadi salah satu faktor dalam penunjukkan pejabat di lingkungan Pemkab Banyuasin kedepan.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banyuasin, Drs. Edhi Haryono menjelaskan CACT merupakan penilaian kompetensi mengggunakan metode untuk mengungkap Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, Literasi Digital serta Emerging Skill. Bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dan Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara, test ini digelar selama 4 (empat) hari, yakni sejak Senin, (19/2/2024) hingga Kamis, (22/2/2024) dan diikuti 1.200 peserta dari 6.579 orang ASN dilingkungan Pemeerintah Kabupaten Banyuasin.

“Ini merupakan tahap pertama, selanjutnya nanti akan kembali kita selenggarakan sampai seluruh ASN mengikuti” tutupnya.

(Diskominfo.SP/IKP)

Copyright @2023 Diskominfo SP